Laman

m Days Event

m Days Event

Rabu, 31 Agustus 2011

Mazda 8 Tempuh Jakarta-Jogja Dalam 8 Jam

Sejak hari pertama mengendarai Mazda8 (25/8) dan terjadinya pengunduran hari raya, akhirnya diputuskan untuk berangkat ke Yogyakarta pada hari Selasa dini hari (30/8) pukul 1 malam dari rencana perjalanan tgl 31/8.

Keputusan ini diambil lantaran target kembali ke Jakarta pada Sabtu malam (3/9) dan ada beberapa agenda keluarga yang harus dilakukan. Tanpa disadari, waktu keberangkatan merupakan waktu yang tepat, lantaran jalan tergolong lengang dengan waktu tempuh hanya 8 jam. Sebuah rekor baru, setelah pada 'Mudik in Style 2007' berhasil mencatat waktu 9,5 jam untuk rute yang sama dengan Toyota Avanza 1.3 VVT-i.

Sedikit catatan adalah vibrasi pada roda pada kecepatan 140 km/jam akibat proses balans. Makanya kecepatan itu menjadi haram dilakukan, pilihannya adalah melaju lebih cepat hingga 160 km/jam di rute tol dan membatasi kecepatan hingga 120 km/jam saat rute luar kota.

Belum lagi dengan penambahan bahan bakar di daerah Nagreg yang merupakan pengisian kedua. Efek engine brake yang minim membuat pilihan mode manual menjadi langkah yang paling tepat. Akselerasi optimal dengan pilihan gigi 2 dan 3 saat melambung.

Satu-satunya hambatan adalah kedua adik yang mengalami mabuk darat. Sampai saat ini belum terpecahkan penyebabnya, mengingat suspensi Mazda8 yang lembut dengan visibilitas luas ketimbang dua mobil di rumah - Toyota Vios dan Nissan Grand Livina - sebagai kendaraan harian keluarga.

1 komentar: